Analisis dan Sukses Perusahaan Besar

Analisis bisnis memiliki kemampuan untuk memungkinkan pemilik bisnis, profesional pemasaran strategis, dan bahkan manajer bisnis untuk menganalisis dan sekadar memahami peluang bisnis. Hal lain, analisis digunakan untuk memposisikan produk juga ke pasar. Bahkan, pentingnya analisis data tidak dapat dibandingkan dengan beberapa alat bisnis jualan online di luar sana. Analisis data milik keluarga intelijen bisnis dan satu-satunya yang membantu bisnis mengkonversi banyak data mentah yang dikumpulkan ke info bisnis yang berguna yang dapat mendorong keputusan bisnis. Sering diamati bahwa organisasi yang berkaitan dengan analitik data melampaui rekan mereka. Tidak diragukan lagi, data telah menjadi sumber penting bagi manajemen puncak.

Selama waktu itu, fokusnya telah bergeser ke analitik prediktif, analitik dalam memori, analitik data besar, analitik streaming, dan yang lebih baru ke ilmu data, tetapi semua citarasa ini dirancang secara efektif untuk menyelesaikan tantangan serupa. Berikut adalah dua contoh penggunaan analisis data oleh perusahaan besar.

Westpac Banking Corp

Westpac Banking Corporation adalah bank Australia dan penyedia jasa keuangan yang berkantor pusat di Westpac Place, Sydney. Ini adalah salah satu bank “empat besar” Australia. Westpac Banking Corp menggunakan alat analisis data yang dikenal sebagai “KnowMe”. Alat analitik yang digunakan oleh Bank membantu untuk mendapatkan pandangan 360 derajat dari pelanggan. Alat ini lebih lanjut membantu Bank untuk menangkap info tentang aktivitas pelanggan seperti penggunaan ATM dan interaksi pusat panggilan dari 12 juta pelanggannya. Berdasarkan analisis perilaku, Westpac menargetkan pelanggan dengan program atau penawaran baru. Dalam sembilan bulan, program ini memungkinkan Westpac untuk menumbuhkan keterlibatan pelanggannya dari 1% menjadi 25%

Facebook

Tidak ada platform lain yang memiliki data pribadi sebanyak Facebook, dan dalam keadilan bagi mereka, mereka menggunakannya untuk efek penuh. Dengan menargetkan iklan yang sangat spesifik pada jutaan orang yang menggunakan jejaring sosial setiap hari, sepertinya Facebook tahu lebih banyak tentang Anda daripada teman dan keluarga Anda, dan yang mengkhawatirkan, kenyataannya adalah mungkin.

Penggunaan analitik yang tiada henti dari Facebook telah menjadi salah satu contoh paling menonjol dari potensi Big Data untuk menjadi terlalu mengganggu. Model bisnis modal kecil mereka dibangun sepenuhnya di sekitar ekstraksi data kami. Namun kami masih lebih dari senang untuk menawarkannya, mungkin kita telah menginvestasikan terlalu banyak waktu untuk berhenti sekarang? Apa pun masalahnya, analitik telah menjadi landasan bagi kesuksesan Facebook sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Leave a Reply